5 Kerja Sama Indonesia- Singapura Usai Pertemuan Bilateral

Pemerintah Indonesia hari ini kehadiran tamu dari negeri orang sebelah, Halimah Yacob si Presiden Singapore di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa( 4/ 2/ 2020). Pertemuan Bilateral ini menciptakan beberapa konvensi kerja sama atas diskusinya bersama Presiden Jokowi serta Wakil Presiden Ma’ ruf Amin.

Kehadiran Halimah Yacob ini ialah kunjungan kenegaraan awal ke Indonesia. Dijadwalkan kunjungan tersebut berlangsung pada 3 sampai 5 Februari 2020. Beberapa menteri pula mendampingi Jokowi menyongsong kunjungan Halimah ke Indonesia.

Mereka antara lain, Menteri Luar Negara Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negeri Pratikno, Menteri Pembelajaran serta Kebudayaan Nadiem Makarim, sampai Menteri Keuangan Sri Mulyani. Jokowi serta Halimah juga melaksanakan konferensi pers bersama.

” Aku sangat puas dengan kemajuan kerja sama kita antara lain ditandatanganinya, yang awal selesainya perundingan perjanjian persetujuan penghindaran pajak berganda,” kata Jokowi usai mengadakan pertemuan dengan Halimah.

Penghindaran pajak berganda ataupun tax treaty tersebut tercantum hasil dari kerja sama yang disepakati oleh kedua negeri Indonesia serta Singapore.

Tidak hanya Jokowi, Halimah juga berjumpa dengan Wakil Presiden Ma’ ruf Amin yang salah satunya menciptakan konvensi di bidang pembelajaran, tercantum Pondok Pesantren.

Penghindaran Pajak Berganda( Tax Treaty) peran indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di asia tenggara di bidang sosial

Konvensi penghindaran pajak berganda ataupun tax treaty sudah disetujui oleh kedua negeri yang diteken oleh Menteri Sri Mulyani serta delegasi dari Singapore.

Tax treaty diperuntukan buat memastikan alokasi hak pemajakan dari sesuatu transaksi yang terjalin antara negeri sumber( negeri tempat sumber pemasukan berasal) serta negeri domisili( negeri tempat harus pajak tinggal ataupun menetap).

Tax treaty ditujukkan buat menjauhi pajak berganda yang hendak membebani dunia usaha, tingkatkan investasi asing, sampai tingkatkan sumber energi manusia( SDM).

Tidak hanya itu, Indonesia serta Singapore sudah meneken kerjasama penegakan hukum kepabeanan antara Direktorat Jenderal Bea Cukai dengan Singapura Police Costguard.

Kedua negeri pula menyepakati pelaksanaan rising fellowship program, yang hendak membagikan pelatihan kepada beberapa kepala wilayah dari Indonesia.

” Yang keempat sudah disepakatinya perpanjangan repurchase agreement pada November 2019 antara Bank Indonesia dengan monetery authority of Singapura,” jelas Jokowi.

Pelatihan Industri 4. 0

Berikutnya, Indonesia serta Singapore sepakati realisasi serta penguatan kerja sama dalam pelatihan industri 4. 0. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengatakam kedua negeri ikut mangulas kerjasama di bidang investasi serta pengembangan sumber energi manusia.

” Singapore merupakan negeri sumber investasi terbanyak di Indonesia semenjak 2014. Aku sangat menghargai komitmen Singapore buat terus melanjutkan kerjasama investasi tercantum proyek infrastruktur di Indonesia,” tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bahagia atas kunjungan awal Halimah Yacob ke Indonesia. Jokowi menyebut kalau Singapore merupakan orang sebelah dekat Indonesia, serta diharapkan ikatan kedua negeri hendak terus menjadi kuat serta erat.

” Ikatan erat yang sudah kita bangun bukan cuma di bidang ekonomi tetapi pula ikatan antar warga,” ucap ia.

Wakil Presiden Indonesia Maruf Amin juga pula melaksanakan pertemuan spesial dengan Presiden Singapore Halimah Yacob. Pertemuan tersebut berlangsung sepanjang 30 menit serta tertutup. Dari pertemuan tersebut, Maruf mengaku Singapore serta Indonesia bersepakat buat mendalami kerjasama 3 bidang kerja sama, salah satunya pembelajaran.

” Awal aku apresiasi kerja sama pembelajaran antar universitas Singapore dengan Indonesia. Kedua, interfaith dialogue ini bisa jadi upaya preventif timbulnya ancaman radikalisme,” tutur Maruf di Hotel Shangri- La, Jakarta, Selasa( 4/ 2/ 2020).

Buat bidang pembelajaran, Maruf berkata terdapat sebagian usulan kenaikan kerja sama yang bisa dicoba dengan Singapore, semacam di bidang vokasi di pesantren. Tujuannya, supaya SDM para santri bisa terus diperkuat serta dibesarkan.

“ Dia( Presiden Halimah) merasa kalau Singapore telah lama meningkatkan itu. Tadi kita( Indonesia) menawarkan keja sama serta dia sangat setuju berartinya pembelajaran vokasi itu,” kaat Ma’ ruf, dikutip Antara.

Setelah itu di bidang keagamaan, Wapres Maruf mau terbentuknya interfaith dialogue dalam upaya penangkalan timbulnya ancaman radikalisme serta terorisme.

Dikutip Antara, terpaut kerja sama di bidang kesehatan, Mahfud berkata Indoensia serta Singapore bersepakat menjalakan kerja sama dalam menanggulangi merebaknya penyebaran virus Corona.

Dikenal, di Singapore sendiri telah ada 18 penderita positif terdiagnosa virus Corona. Sebaliknya Indonesia, masih mengkarantina 238 WNI asal Wuhan di Kabupaten Natuna buat menempuh masa observasi.

Baca Juga : Sumber Permasalahan Berisik CVT Motor Matic

” Kita wajib kembangkan kerja sama dibidang riset, silih ubah data serta teknologi dalam rangka penangkalan serta penindakan kasus- kasus kesehatan,” jelas Maruf menandasi.

Dikutip Antara, Indonesia Singapore setuju buat tingkatkan nilai investasi untuk tiap- tiap negeri selaku upaya mempererat ikatan kerja sama.

“ Singapore ialah negeri investor terbanyak di Indonesia. Hingga, kita harapkan ke depan jangan jadi mengecil, namun lebih membengkak investasinya,” ucap Wapres.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *